Flek Coklat Sebelum Menstruasi, Normalkah?


Tanya:

Selamat malam Dokter,
Begini dok, dari dulu haid saya tidak pernah teratur. Ada yang 4 bulan sekali dan seterusnya, dan sekarang mens saya teratur. Namun beberapa bulan belakangan keluar cairan coklat sebelum mens, tapi tidak terasa perih, dan keluarnya lumayan lama. Apakah cairan coklat itu normal, Dok? Mens saya pun selalu akhir bulan, hanya saja lebih cepat beberapa hari, tapi cairan coklat itu sering sekali keluark dan terkadang juga disertai sedikit gumpalan. Ada yang bilang itu adalah darah yang tertumpuk, karena dulu saya pernah tidak lancar mens. Apakah anggapan itu benar, Dok? Mohon penjelasannya, terima kasih.

ST

Jawab:

Selamat malam Saudari ST,
Tidak benar kalau itu disebut darah yang tertumpuk, karena dulu Anda pernah tidak lancar mens. Menurut saya, flek coklat tersebut normal. Bisa saja itu merupakan darah haid yang hanya berupa flek.

Namun saya tidak tahu apakah memang pada saat itu merupakan tanggal menstruasi Anda atau tidak, karena tidak disebutkan tanggal menstruasi Anda sebelumnya. Sebagai penanganan awal untuk mengatasi keluhan Anda, sebaiknya menjaga berat badan, hindari stres, ganti alat kontrasepsi atau konsumsi pil KB sesuai anjuran, serta rutin melakukan pemeriksaan pap smear.

Bila masih khawatir, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan.

Demikian penjelasan yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Dijawab oleh: dr. Ulil Huda
Sumber: http://meetdoctor.com/

Suara.com – >


Source link