Hati-hati, Kebiasaan Ini Bisa Sebabkan Telinga Jadi Tuli


Suara.com – Telinga adalah salah satu bagian yang paling sensitif dari tubuh. Bayangkan jika Anda kehilangan pendengaran, maka dunia pun akan terasa sunyi.

Oleh karena itu menjaga kesehatan telinga merupakan keharusan agar Anda terhindar dari risiko tuli. Salah satu caranya adalah dengan menghindari beberapa kebiasaan yang dapat merusak indra pendengaran.

Beberapa di antaranya seperti dilansir laman Boldsky adalah menghindari perawatan earwax yang bertujuan membersihkan telinga. Penggunaan bahan lilin yang dipanaskan pada perawatan ini dikhawatirkan dapat menyebabkan kerusakan di gendang telinga yang membuat seseorang kehilangan pendengaran.

Pada dasarnya, kotoran telinga diproduksi oleh kelenjar di liang telinga untuk menjebak partikel kecil seperti debu, mencapai gendang telinga. Perawatan earwax justru menjebak kotoran telinga masuk ke dalam gendang dan merusak fungsi pendengaran.

Kebiasaan lain seperti menggunakan earphone dalam mendengarkan musik juga dapat menyebabkan gangguan pendengaran. Earphone menghubungkan suara yang dihasilkan musik langsung ke dalam gendang telinga.

Jika suara yang dihasilkan terlalu keras, hal ini dapat merusak fungsi gendang telinga. Hindari pula kebiasaan memasukkan jari ke dalam telinga ketika rasa gatal melanda.

Anda tentu tak menyadari adanya bakteri pada jari-jari Anda yang bisa memicu infeksi jika masuk ke dalam telinga. Selain itu, kebiasaan ini juga bisa mendorong kotoran telinga masuk ke bagian dalam telinga.

Jika Anda memiliki keluhan dengan indra pendengaran, maka jangan tunda untuk mengonsultasikannya ke dokter. Keluhan ini mungkin saja tak berhubungan langsung dengan telinga Anda, tapi bisa menunjukkan adanya gangguan di bagian tenggorokan.



Source link