Rizieq Shihab, Anda Sehat?


Entah apa yang ada di pikiran orang yang satu ini. Hoax tentang adanya logo Palu Arit di uang Rupiah baru malah menjadi alasan melaporkan bukan hanya Menteri Keuangan Sri Mulyani, tapi juga Gubernur BI, Agus Martowardojo dan juga Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) dan desainer logo. Saya tidak mengerti apakah orang ini serius atau memang sudah terdesak karena dipanggil polisi sehingga melakukan langkah gila ini. Mari sama-sama tepok jidat 100 kali melihat ‘kelihaian’ orang ini.

Hoax, Hoax dan Hoax

Uang baru baru saja muncul langsung mengalami fitnah. Bila uang baru tahun 2016 lalu dikatakan mirip uang cina, uang baru keluaran tahun 2014 difitnah memiliki logo palu arit. Lihat saja gambar dibawah.

Adakah gambar tersebut mirip palu arit? Hanya orang yang memiliki imajinasi berlebih yang akan melihat bahwa gambar tersebut adalah palu arit. Bentuk mirip? Tentu saja mirip menurut kaum sesapian ini. Setelah hoax mereka terbongkar satu per satu mereka berusaha melakukan pengalihan isu agar mereka tidak menjadi sasaran tembak. Diperlukan otak sekelas sesapian agar dapat melihat adanya palu arit pada logo tersebut. Bila tidak mau disebut sinting maka pihak yang menyebarkan hoax ini pasti sengaja memancing keributan.

Rizieq menganggap Gubernur BI dan Menkeu  bertanggung jawab karena turut membubuhkan tanda tangan pada uang baru tersebut. Rizieq juga akan melaporkan Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) dan desainer logo. Apakah orang ini masih sehat? Uangnya keluaran tahun 2014, tapi akan dilaporkan tahun 2017. Saat pas dirinya sedang dipanggil oleh kepolisian atas kasus penghinaan Pancasila yang menyeretnya. Timing-nya pas sekali, entah apa ini sengaja atau kebetulan tingkat tinggi. Hanya rumput yang bergoyang yang tahu.

“Walaupun ini khilaf, tidak sengaja, tetapi ini sudah terjadi. Mestinya, ada permohonan maaf secara nasional. Silakan minta maaf kepada bangsa ini dan berkomitmen tidak mencetaknya lagi,” kata Rizieq. Hah? Anda serius? Apa kesalahan Bank Indonesia sehingga perlu meminta maaf atas permintaan anda? Uang yang mirip palu arit? Itu kan menurut anda. Jika menurut saya logo di uang tersebut mirip sharingan apa saya mempermasalahkan?

Mirip Di Pemikiran Sesapian

Mungkin occipital lobe otak mereka, bagian yang dipercaya mengendalikan imaginasi, mengalami hiperaktif sehingga melihat hal yang sebenarnya tidak ada. Bila logo uang disama-samakan dengan logo palu arit maka otak akan mencari-cari kesamaannya. PKI seolah menjadi momok, padahal ajaran komunisme sudah dilarang dan partainya sendiri sudah mati sejak puluhan tahun lalu. Tidak ada indikasi bangkitnya komunisme di Indonesia, yang ada hanya berita dan rumor yang disebarkan pihak sesapian untuk menimbulkan keresahan.

Malah yang ajaran yang jelas-jelas sedang berusaha berkembang di Indonesia adalah Islam garis keras yang tidak cocok dengan Islam damai. Islam garis keras ini selalu mengkafirkan apapun yang mereka tidak suka, melakukan sweeping padahal tidak memiliki hak untuk melakukannya. Bukan komunisme yang berbahaya, tapi ajaran-ajaran keras seperti ini yang berbahaya karena kita bisa melihat mereka semua sedang berusaha tumbuh lewat penyebaran berita-berita hoax. Hal ini membuat Islam yang damai di Indonesia turut mendapat stigma buruk dari para sesapian ini.

Penjelasan Logis Versus Penjelasan Hoax

“Gambar tersebut merupakan gambar saling isi (rectoverso), yang merupakan bagian dari unsur pengaman uang rupiah. Unsur pengaman dalam uang rupiah bertujuan agar masyarakat mudah mengenali ciri-ciri keaslian uang, sekaligus menghindari pemalsuan,” ujar Gubernur BI. Anda lihat dibawah

Terlihat kan mana yang lebih masuk akal? Bila kedua logo tersebut digabung maka akan membentuk logo BI. Tidak ada hubungan dengan palu arit sama sekali. Itu hanya hasil imajinasi para sesapian yang stress dan galau.

Bila mendapat berita yang cukup kontroversial, jangan langsung percaya. Cek dulu apakah berita tersebut benar dan siapa yang menyebarkannya. Bila yang menyebarkan adalah kaum sesapian, cek 3 kali untuk jaga-jaga agar tidak ikut gila. Bukti bahwa isu logo palu arit ini adalah hoax mudah ditemukan, tinggal cek google. Selalulah mengecek berita sebelum dishare dan dipercaya. Salam waras. (11/01/2017)



Source link